Cari Blog Ini

Rabu, 06 Februari 2013

Metodologi Penelitian-1


Metodologi Penelitian

1.       Apa itu penelitian?
Penelitian adalah usaha-usaha untuk menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran, dimana dalam usaha-usaha itu dilakukan dengan metode ilmiah.
Berikut adalah beberapa sarjana yang mengemukakan pendapatnya :
·         David H. Penny
Penelitian adalah pemikiran yang sistematis mengenai berbagai jenis masalah yang pemecahannya memerlukan pengumpulan dan penafsiran fakta – fakta.

·         J. Suprapto MA
Penelitian adalah penyelidikan dari suatu bidang ilmu pengetahuan yang dijalankan untuk memperoleh fakta – fakta atau prinsp – prinsip dengan sabar, hati – hati serta sistematis.

·         Sutrisno Hadi MA
Penelitian adalah usaha untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran dari suatu ilmu pengetahuan

2.       Sebutkan Komponen – komponen utama penelitian!
Berikut adalah beberapa komponen utama penelitian :
·         Sumber Data
Ada 3 sumber data menurut sifatnya, yaitu :
a.       Sumber Data Kualitatif
b.      Sumber Data Kuantitatif
c.       Sumber Data Sekunder

·         Jenis Data
Ada 2 jenis data menurut sifatnya, yaitu :
a.       Data Primer
b.      Data Sekunder

·         Tehnik Pengumpulan Data

·         Metode Analisis Data
Ada 2 metode analisis data, yaitu :
a.       Metode Analisis Kualitatif
b.      Metode Analisis Kuantitatif

3.       Apa yang dimaksud dengan urgensi penelitian? Mengapa perlu menentukan urgensi penelitian?
Urgensi penelitian adalah seberapa “urgensi” atau tingkat pentingnya melakukan penelitian. Kegiatan meneliti akan dikatakan memiliki urgensi yang tinggi jika pelaksanaan kegiatan tersebut akan memberikan hasil yang bermanfaat. Dengan kata lain, suatu kegiatan penelitian dikatakan urgen jika output penelitian dapat menyelesaikan masalah secara strategis.

4.       Jelaskan manfaat dari penelitian!
Mahasiswa mempunyai pengalaman melakukan penelitian.
Manfaat dapat dikaitkan dengan orientasi penelitian, seperti :
a.       Apakah mempunyai kontribusi pada pengembangan dan penerapan iptek atau pengembangan organisasi / kelembagaan.
b.      Untuk pemecahan masalah yang dapat menunjang pembangunan atau pengembangan suatu objek.

5.       Sebutkan dan jelaskan tahapan – tahapan dalam penelitian!   
Berikut adalah tahapan-tahapan didalam penelitian beserta penjelasannya :

a.       Menemukan, Memilih, dan Merumuskan Masalah.
Setiap penelitian harus dimulai dengan adanya masalah. Banyaknya masalah tersebut dapat berasal dari berbagai sumber, seperti bacaan, seminar, diskusi, pertanyaan, pengamatan, pengalaman pribadi, dll. Dan ada pertimbangan – pertimbangan dalam menentukan masalah, yaitu :
o   Kesanggupan untuk meneliti.
o   Bekal kemampuan teoritis.
o   Penguasaan metode penelitian yang dibutuhkan.
o   Tersedianya alat –alat dan perlengkapan.
o   Tersedianya waktu dan alat.

b.      Menyusun Latar Belakang Teoritis.
Langkah ini juga sering disebut dengan istilah telaah pustaka atau landasan teori. Kerangka teori merupakan penjelasan sementara dari gejala yang menjadi obyek yang diteliti.

c.       Menetapkan Hipotesis.
Hipotesis adalah jawaban sementara terhadap masalah penelitian. Hipotesis juga menyatakan prediksi atau dugaan.

d.      Membuat Definisi Operasional Variabel-variabel.
Yaitu definisi yang didasarkan atas sifat-sifat yang didefinisikan dapat diamati di observasi, sehingga apa yang dilakukan peneliti terbuka untuk diuji kembali oleh orang lain.

e.      Memilih Alat Pengumpulan Data.
Kualitas data sangat ditentukan oleh alat pengumpul datanya (instrumennya), karena itu instrument harus digarap sangat cermat, dan memiliki persyaratan sebagai berikut :
o   Valid atau sahih, artinya instrument harus menunjukan sejauh manakah ia mengukur apa yang seharusnya diukur.
o   Reliabel, artinya instrument memiliki daya keterandalan apakah ia dilakukan dalam waktu yang lain yang berulang-ulang dalam kondisi yang sama kepada subyek yang sama harus menghasilkan hal yang hampir sama atau bahkan tetap sama.
o   Objektif, artinya penggunaan instrument (alat) pengumpul data, tidak mempengaruhi  pengumpulannya (orang) dan objeknya (yang diteliti).

f.        Menyusun Rancangan Penelitian.
Pada umumnya rancangan penelitian juga merupakan rancangan pengambilan sampel sampai pada rancangan analisis datanya.

g.       Menentukan Sampel.
Calon peneliti harus memperhatikan besar kecilnya calon anggota sampel, sebab semakin besar jumlah anggota sampel akan semakin tinggi tingkat representatifnya, tetapi juga harus diingat bahwa pengambilan sampel yang terlalu besar jumlah anggota sampelnya akan mempengaruhi besarnya biaya, banyaknya tenaga, dan lamanya waktu pengumpulan data.

h.      Pengumpulan Data.
Alat pengumpulan data harus valid, reliable, dan obyektif karena akan menjamin kesimpulan penelitian yang meyakinkan jika menggunakan teknik analisis yang tepat pula.

i.        Mengolah dan Menganalisis Data.
Setelah data terkumpul, kemudian diolah dan dianalisis. Dalam pengolahan data, yang pertama-tama dilakukan adalah menguji tingkat validitas dan reliabilitasnya. Menganalisis data merupakan langkah yang sangat kritik dalam penelitian, penelitian harus memastikan teknik analisis mana yang akan dipilih.

j.        Menginterpretasi Hasil Analisis dan Mengambil Kesimpulan.
Hasil analisis harus diuji apakah mampu membuktikan hipotesis yang telah dirumuskan. Dalam langkah ini berarti member arti pada hasil analisis datanya, jadi hasil analisis itu dilawankan dengan rumusan hipotesisnya.
Peneliti mengharapkan hipotesis penelitiannya tahan uji (terbukti kebenarannya). Namun ada kalanya hipotesis ditolak kebenarannya.




k.       Menyusun Laporan.
Tahapan ini merupakan langkah terakhir dari seluruh proses penelitian. Laporan merupakan langkah yang sangat penting, karena laporan itu syarat keterbukaan ilmu pengetahuan dan penelitian dapat dipenuhi.
Garis besar sistematika laporan penelitan adalah sebagai berikut :
1)      Bagian awal yang berisi :
a)      Halaman Judul.
b)      Halaman Pendahuluan.
c)       Halaman Daftar Isi.
d)      Halaman Daftar Tabel (kalau ada).
e)      Halaman Daftar Gambar (kalau ada).
f)       Halaman Daftar Lampiran (kalau ada).

2)      Bagian Inti brisi :
a)      Latar Belakang Masalah.
b)      Tujuan Penelitian.
c)       Landasan Teori/telaah pustaka.
d)      Hipotesis
e)      Metodologi.
f)       Hasil.
g)      Interpretasi, kesimpulan, dan saran.

3)      Bagian Akhir yang berisi :
a)      Daftar Pustaka.
b)      Lampiran-lampiran (jika ada).

l.        Mengemukakan implikasi.
Apabila penelitian sudah membuahkan hasil, yaitu adanya kesimpulan yang mantap, maka perlu diajukan implikasi dari kesimpulan atau hasil penelitian tersebut. Dalam implikasi itu perlu disebutkan konsekuensi terpenting dari hasil peneltian, yang sangat berguna.

6.       Jelaskan cara berpikir deduktif dan induktif!

  • ·        Logika Deduktif
Logika Deduktif adalah logika yang mempelajari asas penalaran yang bersifat deduktif yaitu penalaran yang menurunkan pernyataan-pernyataan semula menjadi suatu kesimpulan yang pasti ada.
  •       Logika Induktif
      Logika Induktif adalah logika yang mempelajari arah penalaran yang benar dari sejumlah hal khusus sampai pada suatu kesimpulan umum yang bersifat kemungkinan. Kesimpulan yang bersifat kemungkinan ini diperoleh dengan penalaran yang didasarkan pada pengamatan terhadap sejumlah kecil masalah sampai pada suatu kesimpulan yang diharapkan berlaku secara umum.


7.       Menurut anda, bagaimana cara melakukan penelitian?

Menurut kami, sebelum melakukan penelitian kita harus mengetahui arti dari penelitian itu sendiri. Karena setelah mengetahui arti kata penelitian, pikiran kita akan lebih terbuka untuk memulai suatu penelitian.

Setelah itu kita harus mempelajari semua komponen-komponen yang ada didalam penelitian, agar lebih mengerti apa-apa saja yang harus kita pakai dalam penelitan. Seperti sumber data, jenis data, tehnik pengumpulan data, dan metode analisis data.

Sebelum melakukan penelitian kita harus menemukan, memilih, dan merumuskan masalah yang akan kita teliti. Setelah itu kita menyusun latar belakang teoritis atau yang biasa kita sebut landasan teori. Kemudian tetapkan hipotesis, yang merupakan prediksi atau dugaan kita. Membuat Definisi Operasional Variabel-variabel, yaitu definisi yang didasarkan atas sifat-sifat yang diamati di observasi. Memilih alat pengumpulan data, karena kualitas data sangat ditentukan oleh alat pengumpul datanya. Menyusun rancangan penelitian,disini komponen penelitian harus terjalin satu sama lain agar rancangan yang dipilih untuk digunakan jelas arahnya, sehingga penelitian diharapkan membawa hasil yang positif,karena dalam rancangan penelitian pada umumnya merupakan rancangan pengambilan sampel sampai pada rancangan analisis datanya. Lalu kita harus menentukan sampel,disini kita harus menentukan tehnik sampling yang sebaiknya digunakan pada penelitian kita, agar mendapatkan sampel yang cukup representative. Pengumpulan Data,kualitas data sangat ditentukan oleh alat pengumpulan datanya. Mengolah dan menganalisis data, disini kita harus melakukan pengujian tingkat validitas dan reliabilitasnya.  Menginterpretasi hasil analisis dan mengambil kesimpulan, disini hipotesis kita akan diuji kebenarannya. Setelah semua langkah terpenuhi, langkah terakhir adalah menyusun laporan, disini ada sistematika penulisan yang harus diperhatikan.



Sumber :

Cholid Narbuko.Drs,&Abu Achmadi.Drs, Metode Penelitian, Bumi Aksara, Jakarta, 2010.

http://www.google.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar